Merintis Bisnis Toko Online Shop? Mengapa Tidak?


Dulu, tidak banyak orang yang bisa membuka toko sendiri karena belum mempunyai tempat, modal, maupun waktu. Misalnya saja, jika orang – orang zaman dulu bekerja di kantor baik swasta maupun pemerintahan sejak pagi hingga sore, maka waktu yang tersedia untuk menjalankan toko akan sangat terbatas. Belum lagi penyesuaian jenis produk harus pas dengan jam toko buka. Misalnya apabila waktu buka toko adalah malam hari, maka tidak mungkin untuk berjualan es dan makanan dingin lainnya.

Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi terutama sosial media, bisnis toko bisa dijalankan secara online. Merintis bisnis toko online shop tidak sesulit membuka toko konvensional zaman dulu. Hal ini disebabkan karena seseorang tidak wajib mempunyai toko di dunia nyata saat membuka online shop. Selain itu, sistem menjualkan barang orang lain yang dikenal dengan reseller dan dropship semakin mempermudah langkah perintis bisnis toko online shop untuk menggeliat dan mensukseskan dirinya.

Ada hal – hal yang perlu diperhatikan dalam merintis bisnis toko online shop. Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah tujuan. Apa yang mendasari seseorang membuka binis online? Ada sebagian orang yang memang harus berada di rumah dan tidak bisa bekerja di luar rumah. Misalnya saja ibu rumah tangga, orang yang mengalami sakit, atau para manula. Meskipun masih mempunyai ide – ide segar yang membangun, tetapi secara fisik pekerjaan di luar tidak mungkin dilakukan. Untuk orang – orang dengan tipe ini, bisnis online bisa menjadi pekerjaan utama dan sumber penghasilan pertama. Namun, yang perlu diketahui adalah, perencanaan perlu dilakukan secara terstruktur agar tidak memforsir kondisi fisik.

Selain tipe pertama, ada juga tipe kedua, yaitu orang yang sudah mempunyai pekerjaan utama tetapi ingin menambah penghasilan. Orang – orang ini bisa jadi masih bersekolah, kuliah, atau sudah bekerja. Pekerjaan yang dilakukan selama 8 jam sehari di kantor mungkin sedikit menjenuhkan sehingga adakalanya perlu beberapa waktu untuk berseluncur di dunia maya. Daripada tidak menghasilkan apa – apa, lebih baik berjualan online yang lebih menghasilkan. Untuk jenis kedua ini, bisnis online bisa dijadikan penghasilan tambahan dan tokonya dijalankan sesuai waktu luang saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *