Kiat Agar Terarium Terawat Baik

Salah satu cara mudah membuat kesan asri dalam ruang adalah menampilkan dekorasi lansekap mini, misalnya menghadirkan terarium. Terarium merupakan taman kecil yang terbentuk di dalam wadah kaca. Di dalam wadah itu, tanaman tak perlu banyak perawatan. Seni dekor ini pas buat Anda yang tidak mempunyai kemampuan berkebun.

Beragam macam tanaman bisa ditempatkan di media kaca kecil ini, bisa diletakkan di meja makan, atas meja, atau tempat lain yang mempunyai ruangan terbatas. Walau kecil, terarium bisa meningkatkan keindahan ruang menjadi lebih hidup dan memiliki kesan asri.

Nah, agar keasriannya selalu terawat, ada kiat sederhana untuk merawatnya. Perlu perawatan spesial tapi simpel.

Basahi tanamannya. Bila terarium dalam keadaan terbuka, Anda harus sesekali menyirami tanaman itu. Perawatan dengan penyiraman tersebut dapat dilakukan satu atau dua minggu sekali. Sementara itu untuk tanaman berjenis kaktus cuma butuh disiram satu bulan sekali.

Segeralah dipotong bila Anda melihat tanaman layu atau terdapat jamur dan gulma. Namun Anda harus berhati-hati ketika bagian tanaman yang layu tersebut dibuang, misalnya saja bunga tua.

Perhatikanlah sirkulasi udara dan cahayanya. Biarkanlah udara segar masuk bila terariumnya kedap udara. Sekali-sekali buka tutup wadah itu. Walaupun umumnya tidak diperlukan, tetapi biarkan udara masuk bila ada bagian terarium yang mengandung embun atau ada daun yang layu.

Adapun tips yang lainnya untuk merawat terarium dapat dilakukan dengan cara-cara berikut ini. Tidak boleh menaruh terarium di pojokan atau sudut yang gelap. Pilih peletakkan tempat penyimpanannya di bagian yang banyak terkena cahaya, tetapi usahakan cahayanya tersebut bukan yang langsung berasal dari sinar matahari atau tidak terkena langsung sinar matahari.

Tidak sedikit tanaman yang bisa tumbuh dari stek atau daunnya. Bila ada teman Anda yang menanam tanaman seperti itu, mintalah sedikit untuk menanamnya di terarium. Terarium tertutup umumnya mempunyai perawatan yang lebih mudah.

Hal yang harus dihindarkan ialah tidak boleh terlampau banyak menyirami tanaman. Penyiraman dilakukan bila tanahnya telah kelihatan kering.

Anda dapat menambahkan binatang-binatang kecil ke dalam terarium sebagai pelengkap tanaman guna membuat tampilannya menjadi lebih hidup.

Apabila Anda mau menampilkan terarium untuk kura-kura, katak, atau binatang lainnya, pastikanlah Anda memahami secara rinci mengenai kebutuhan binatang-binatang itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *